Kamis, 13 Februari 2014

Price for Handmade : Harga Jual Produk Handmade

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Hello fazgalz,
Saya mau sharing  sedikit mengenai pengalaman saya dalam menentukan harga jual disetiap produk fazgallery yang dihasilkan.

Pertama haruslah memahami bahwa sebuah produk handmade berarti produk yang dibuat oleh tangan secara manual, bukan mesin. Mengapa hasilnya bisa jadi sangat rapi, bisa jadi sangat beda dan unik, bisa jadi sangat mahal atau bisa jadi sangat murah.

Dalam sebuah proses pengerjaannya, para pelaku kerajinan (crafter) akan mengalami yang namanya stress dalam pemunculan ide-ide baru, kesulitan dalam mencari bahan baku, material, kepegalan saat harus duduk berlama-lama, berkurangnya waktu istirahat demi sebuah karya untuk konsumen tercintanya.

Disetiap karyanya yang bertujuan untuk dijual maka tetntu mengalami proses penentuan harga jual yang disesuaikan dengan material, bahan baku, transportasi, juga lainnya. nampaklah wajar jika sebuah hasil karya atau produk handmade LAYAK dihargai sepantasnya.

Pernah ada pembeli mengetahui bahwa material yang saya gunakan terjangkau, namun saya menjualnya dengan harga yang pantas menurut saya disesuaikan ide dan proses pengerjaannya.
Bayangkan saja begini, sebuah material yang murah, jika tidak dikreatifitaskan dengan cara yang unik, apakah akan bernilai jual tinggi??

Inilah tantangannya, merubah yang dianggap biasa saja menjadi spesial dan bernilai.

Semoga dengan adanya sedikit penjelasan di tulisan ini, dapat membuka wawasan fazgalz untuk lebih menghargai lagi produk-produk yang memang benar-benar proses pembuatan dan pengerjaannya secara manual dan dibuat oleh tangan.


Salam,
Kepp Craft On !!!


Ida fazgallery
FB : fazgallery online shop
IG & twitter : @fazgallery
WA/sms : +628567099922

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih komentarnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...